Minggu, 14 Agustus 2011

Perhitungan Tahun (حساب السنة) <# Menentukan 1 Syawal 1432 H #>

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.

* Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (QS. Yunus : 5)

[669]. Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan
penuh hikmah.


* Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram[640]. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri[641] kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (Qs. AT Taubah : 36)

[640]. bulan haram : (bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab).
[641]. Maksudnya janganlah kamu menganiaya dirimu dengan mengerjakan perbuatan yang dilarang, seperti
melanggar kehormatan bulan itu dengan mengadakan peperangan.

* Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Al An'aam : 36).

* Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas. (Qs. Al Israa' : 12).

* Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu[1190] (QS. As Sajdah : 5)

[1190]. Maksud urusan itu naik kepadaNya ialah beritanya yang dibawa oleh malaikat. Ayat ini suatu tamsil
bagi kebesaran Allah dan keagunganNya.

* Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.[1510] (Qs. Al Ma´aarij : 4)

[
1510]. Maksudnya: malaikat-malaikat dan Jibril jika menghadap Tuhan memakan waktu satu hari. Apabila
dilakukan oleh manusia, memakan waktu limapuluh ribu tahun.


* Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua[1267]. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. (QS. Yasin : 37 - 40)

[1267]. Maksudnya: bulan-bulan itu pada awal bulan, kecil berbentuk sabit, kemudian sesudah menempati
manzilah-manzilah, dia menjadi purnama, kemudian pada manzilah terakhir kelihatan seperti tandan
kering yang melengkung.

Saudaraku kaum muslimin/muslimat yang dirahmati Allah SWT.
Shalawat serta salam tetap kita 7kan pada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi wassalam beserta segenap keluarga, sahabat dan para tabiin ilayaumiddin.

Alhamdulillahirobbil Alamin, atas rahmad, hidayah dan inayaNya kita mampu menjalankan ibadah puasa ini hingga memasuki pertengahan Ramadon, sehingan insyaallah kurang 2 minggu lagi kita dapat merayakan hari kemenangan, menang dari perang melawan segala hawa nafsu.

Yaa ukhti muslimin wal muslimat, mari kita bersama-sama berharap agar semua ORMAS ISLAM khususnya di Indonesia sependapat, sehati, seiya, sekata bin sepakat bahwa tanggal 1 Sawal 1432 H jatuh pada suatu hari yang sama. Sehingga kita bisa kompak, serempak, bergembira dan bertakbir merayakan hari kemenangan secara bersama-sama. Alangkah senangnya melihat kaum muslimin dan muslimat kompak, rukun dan sentosa baris berbaris melangkah menuju Surau, Masjid / Lapangan ila shalat 'ied (Idul Fitri). Allahu Akbar, Allahu Akbar .............

Saudaraku kaum muslimin dan muslimat,
Dari petikan terjemahan ayat-ayat Al Quran yang telah diuraikan di atas (saya nukil dari "Al Qur'an dan Terjemahannya" terbitan Depertemen Agama Republik Indonesia) setikdaknya kita tahu bahwa perhitungan bulan dan tahun sebenarnya sudah menjadi ketetapan bagi Allah SWT. suatu bulan (kalender) sebenarnya tidak bisa maju dan tidak juga mundur sebagaimana ketetapan gerakan peredaran matahari, bulan, dll (tata surya), mereka beredar pada garis orbitnya masing-masing.
Apa lagi sekarang kan jaman modern, jangankan 1 bulan atau 1 tahun lagi, bahkan 10 tahun, atau 100 tahun lagi terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari insyaallah sudah dapat diperkirakan/diperhitungkan, apalagi menentukan tingginya hilal untuk menentukan masukknya awal bulan tentunya tidaklah sulit karena sudah banyak nongkrong stasiun luar angkasa dan satelit-satelit canggih yang berkeliaran di luar sana (antariksa).

Untuk itu kita memang boleh beda pendapat dalam hal menjalankan ibadah, misal sajah pelaksanaan shalat trawih, kita bisa pilih yang 23 rakaat (ngikut sahabat/amirul mukminin Abubakar RA.) atau langsung sebagaimana yang dilaksanakan Rasulullah SAW yaitu paling banyak 11 rakaat.
Akan tetapi dalam melaksanakan 1 syawal hendaknya kita tidak boleh berbeda-beda karena jumlah satelit bumi (bulan/Alqomar) itu hanya ada 1 (satu) berarti dalam hal 1 Syawal itu yang pasti jatuh pada suatu waktu / sehari yang sama tidak boleh berbeda, apalagi kita dalam wilayah administratif yang sama Negara Kesatuan Republik Indonesia atau mungkin dalam pulau yg sama, mungkin juga dalam 1 propinsi yg sama, bahkan kabupaten/kota yang sama, lebih lagi dalam 1 desa/kampung/dusun/Rt/Rw yang sama, tapi kok bisa ya dalam melaksanakan 1 Syawal itu selang berbeda waktu/hari. Padahal jumlah Rembulan di angkasa sebagai sarana perhitungan kalender Islam itu cuman ada 1 (satu) lho, keculai jumlah bulan/moon/alqomar (sebagai satelit bumi) ada 2 atau lebih ? ? ? ..EMANG KITA HIDUP DI PLANET JUPITER !!!!!!!....... hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar